Bayu Yudha Prasetya

ROKOK

Gambar

Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lainnya.

Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung (walaupun pada kenyataannya itu hanya tinggal hiasan, jarang sekali dipatuhi).

Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam.

Jenis rokok

Rokok dibedakan menjadi beberapa jenis. Pembedaan ini didasarkan atas bahan pembungkus rokok, bahan baku atau isi rokok, proses pembuatan rokok, dan penggunaan filter pada rokok.

Rokok berdasarkan bahan pembungkus.

  • Klobot: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun jagung.

Gambar

  • Kawung: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun aren.

Gambar

  • Sigaret: rokok yang bahan pembungkusnya berupa kertas.

Gambar

 

 

  • Cerutu: rokok yang bahan pembungkusnya berupa daun tembakau.

Gambar

 

Dilihat dari komposisinya :

  1. Bidis: Tembakau yang digulung dengan daun temburni kering dan diikat dengan benang.Tar dan karbon monoksidanya lebih tinggi daripada rokok buatan pabrik. Biasaditemukan di Asia Tenggara dan India.
  2. Cigar: Dari fermentasi tembakau yang diasapi, digulung dengan daun tembakau. Adaberbagai jenis yang berbeda di tiap negara. Yang terkenal dari Havana, Kuba.
  3. Kretek: Campuran tembakau dengan cengkeh atau aroma cengkeh berefek mati rasa dan sakit saluran pernapasan. Jenis ini paling berkembang dan banyak di Indonesia.
  4. Tembakau langsung ke mulut atau tembakau kunyah juga biasa digunakan di AsiaTenggara dan India. Bahkan 56 persen perempuan India menggunakan jenis kunyah. Adalagi jenis yang diletakkan antara pipi dan gusi, dan tembakau kering yang diisap denganhidung atau mulut.
  5. Shisha atau hubbly bubbly: Jenis tembakau dari buah-buahan atau rasa buah-buahanyang disedot dengan pipa dari tabung. Biasanya digunakan di Afrika Utara, TimurTengah, dan beberapa tempat di Asia. Di Indonesia, shisha sedang menjamur seperti dikafe-kafe

Bahan kimia yang terkandung dalam rokok

  • Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  • Tar, yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
  • Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano
  • Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  • Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  • Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  • Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  • Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil.

Manfaat merokok

 
Perokok pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif

Sudah dibuktikan dalam penelitian bahwa 99% penderita kanker paru adalah perokok, tetapi 99% perokok belum tentu terkena kanker paru.

 
Nikotin membunuh kuman penyebab tuberculosis (TBC)

Seorang peneliti dari University of Central Florida (UCF) menyatakan bahwa senyawa ini menghentikan pertumbuhan kuman TBC dalam sebuah tes laboratorium, bahkan bila digunakan dalam jumlah kecil saja, kata Saleh Naser, seorang profesor mikrobiologi dan biologi molekuler di UCF.

 
Merokok Mengurangi Resiko Parkinson

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa merokok melawan penyakit Parkinson. Sebuah penelitian terbaru menambah kuat bukti sebelumnya yang melaporkan bahwa merokok dapat melindungi manusia dari penyakit Parkinson.

Secara khusus, penelitian baru tersebut menunjukkan hubungan temporal antara kebiasaan merokok dan berkurangnya risiko penyakit Parkinson. Artinya, efek perlindungan terhadap Parkinson berkurang setelah perokok menghentikan kebiasaan merokoknya.

 
Perokok lebih kuat dan cepat sembuh dari serangan jantung dan stroke
Penelitian besar menunjukkan manfaat lain merokok, yakni manfaat terhadap restenosis atau penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah menjadi terbatas, seperti pembuluh darah ke jantung (cardiovaskular disease) atau ke otak (stroke) Perokok memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup dan penyembuhan yang lebih cepat.

Penelitian lain menyebutkan karbon monoksida dapat mengurangi serangan jantung dan stroke. Karbon monoksida merupakan produk sampingan dari asap tembakau.

Sebuah laporan menunjukkan tingkat sangat rendah dari karbon monoksida dapat membantu para korban serangan jantung dan stroke. Karbon monoksida menghambat pembekuan darah, sehingga melarutkan gumpalan berbahaya di pembuluh arteri. Para peneliti memfokuskan pada kemiripan yang dekat antara karbon monoksida dengan oksida nitrat yang menjaga pembuluh darah tetap melebar dan mencegah penumpukan sel darah putih. Baru-baru ini oksida nitrat telah ditingkatkan statusnya dari polutan udara biasa menjadi penghubung fisiologis terpenting kedua secara internal. Oleh karena itu tidak akan mengherankan kalau karbon monoksida secara paradoks dapat menyelamatkan paru-paru dari cedera akibat penyumbatan pembuluh darah ke jantung (cardiovascular blockage).

Perokok terhindar dari anemia

Dapat anda logika kan, bahwa rokok terkandung zat CO yang menyebabkan kandungan O2 dalam darah menurun. Sehingga dengan O2 terbatas dalam tubuh, tubuh akan melakukan kompensasi untuk meningkatkan Hb anda. Sehingga sebagian besar perokok memiliki Hb yang cukup tinggi.

Rahasia Dibalik Bungkus Rokok Gudang Garam Filter

 

Yang perokok pasti tau tapi blom ada yg tau kan ada apa dibalik bungkusnya?

Kalo kita merobek bagian bawah bungkus gudang garam filter ada kotak yg dibagi menjadi 4 warna, MERAH, HITAM, BIRU, EMAS


Buat apa warna2 tersebut?

Ternyata gan dengan kita mengosokkan ujung filter kita pada salah 1 warna pada kotak2 tersebut maka kita bakal ngerasain rasa tembakau yg beda2, tergantung diwarna apa kita menggosoknya

Beda warna beda rasa gan

MERAH Rasa tembakaunya lebih tajam dan lebih keras dari biasanya

HITAM Medium rasa tembakaunya pas dilidah

BIRU Bau tembakaunya khas bgt gan, agak2 kya benthoel biru gitu

EMAS Yang ini soft bgt gan, lebih soft dari rokok filter yg biasa kita hisap

Berikut akan diberikan beberapa tips bagaimana cara merokok yang baik.

Tips yang pertama adalah jangan sesekali anda merokok dalam keadaan perut kosong. Hal ini akan menyebabkan anda mual. Rasa mual ini disebabkan karena kandungan asam yang ada dalam lambung terlalu berlebihan. Ketika anda menghisap rokok pada keadaan perut kosong, asam lambung akan berinteraksi dengan senyawa-senyawa yang dihasilkan oleh asap rokok yang akhirnya mengkatalisasi asam lambung. Hal tersebut akan berakibat pada ketidakseimbangan asam lambung anda. Sehingga pada akhirnya anda akan merasa mual.

Kedua, usahakan merokok di tempat terbuka. Hal ini dimaksudkan agar anda tetap mendapatkan udara segar meskipun pada kenyataannya anda sedang menghisap racun. Tentunya racun yang terkandung dalam tembakau rokok yang sedang anda hisap. Namun dengan merokok di ruangan yang cukup sirkulasi udaranya, meminimalisir kadar udara kotor dalam paru-paru anda. Bayangkan apabila anda merokok dalam ruangan yang tertutup dengan sirkulasi udara yang tidak begitu bagus. Anda akan menghisap kembali gas-gas beracun hasil pembakaran tembakau rokok anda sendiri. Ingat gas paling berbahaya apabila kadarnya terlalu berlebihan dalam paru-paru adalah karbon monoksida. Dan karbon monoksida merupakan gas yang terkandung dalam asap rokok.

Ketiga, jangan pernah membiarkan rokok terlalu lama berada pada bibir anda. Selain akan mempersulit proses anda bernafas, juga bisa menimbulkan iritasi pada mata karena asap rokok akan mengenai mata anda. Taruhlah rokok pada asbak atau tempat lain yang aman ketika pada waktu yang bersamaan anda melakukan kegiatan lain yang harus menggunakan kedua tangan anda bekerja. Banyak perokok yang tetap membiarkan rokoknya berada pada bibir sambil mengerjakan sesuatu yang mengharuskan kedua tangannya ikut bekerja.

Keempat, berilah jeda waktu ketika anda merokok batang rokok pertama dengan batang rokok berikutnya meskipun hasrat anda untuk merokok sudah tidak terbendung lagi. Kira-kira 10 sampai 15 menit sampai anda menyalakan lagi batang rokok berikutnya. Setiap kali anda merokok akan selalu terdapat sisa asap rokok pada paru-paru anda. Sampai pada akhirnya hilang melalui pernafasan normal biasa. Maka dari itu berilah jeda waktu saat anda merokok.

Kelima, minumlah kopi ketika anda sedang merokok. Berdasarkan penelitian di Amerika yang dipimpin oleh Dana B. Hancock didapati kesimpulan bahwa kebiasaan merokok dan minum kopi dapat mencegah parkinson. Penjelasan ilmiahnya belum diketahui secara signifikan.

Dan yang terakhir dari tips merokok sehat adalah luangkan sedikit waktu untuk berolahraga secara rutin. Hal ini dimaksudkan agar setiap organ tubuh anda tetap fit dan terjaga dengan baik meskipun anda merokok.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: