Bayu Yudha Prasetya

Beranda » Hukum » Hukum Internasional » Ribuan Tentara Inggris Terlibat Kasus Kejahatan Perang di Irak

Ribuan Tentara Inggris Terlibat Kasus Kejahatan Perang di Irak

islampos.com—LEBIH dari 1.000 tentara Inggris dikabarkan telah menghadapi investigasi atas kejahatan perang. Kejahatan pasukan Inggris ini diduga dilakukan selama invasi Amerika ke Irak pada tahun 2003.

Tuduhan sebagian besar didasarkan pada kesaksian yang diberikan oleh para tahanan di Irak, terkait dengan penyalahgunaan dan penyiksaan terhadap para tahanan, Antiwar melaporkan.

Laporan itu datang setelah pemenang Nobel Perdamaian, Desmond Tutu, menyerukan agar mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair dan mantan Presiden AS George W. Bush diadili di Mahkamah Internasional, atas kejahatan perang yang mereka lakukan selama invasi ke Irak.

Bush dan Blair menginvasi Irak dengan dalih bahwa mantan diktator Irak Saddam Hussein memiliki senjata pemusnah massal. Namun, hampir dua tahun setelah invasi Amerika di Irak, inspektur senjata CIA di Irak mengatakan bahwa mereka tidak menemukan apa-apa di negara ini.

Setelah Baha Mousa, seorang resepsionis hotel Irak, disiksa sampai mati oleh pasukan Inggris, sebuah penyelidikan publik menemukan bahwa ada “masalah sistemik” yang berkaitan dengan perlakuan kejam terhadap para tahanan oleh tentara Inggris.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: