Bayu Yudha Prasetya

Beranda » Hukum » Ilmu Negara » Presiden Chili Augusto Pinochet

Presiden Chili Augusto Pinochet

Augusto José Ramón Pinochet Ugarte (Valparaíso, 25 November 1915–Providencia, 10 Desember 2006) adalah seorang jenderal dan diktator Chili. Ia adalah kepala junta militer yang berkuasa di Chili pada periode 1973 – 1990. Ia meraih kekuasaan dengan cara kudeta sesaat setelah pemilu demokratis yang memilih Presiden Salvador Allende yang sosialis. Ia tampil sebagai presiden Republik pada 1974 – 1990 (dari 1981 hingga terbentuknya sebuah Konstitusi 1980) yang baru. Sekitar 3.000 orang Chili terbunuh selama masa pemerintahannya. Pinochet memperkenalkan banyak kebijakan pasar bebas neoliberal.

Pada awal tahun 1972, ia diangkat menjadi Kepala Staf Umum Angkatan Darat. Pada bulan Agustus 1973, ia diangkat sebagai Komandan Kepala Angkatan Darat Chili oleh Presiden Salvador Allende. Pada tanggal 11 September 1973, Pinochet memimpin kudeta yang mengakhiri pemerintahan Allende yang terpilih secara demokratis. Pada bulan Desember 1974, junta militer Pinochet diangkat sebagai Presiden dengan keputusan bersama, dengan yang Jenderal Angkatan Udara Gustavo Leigh tidak setuju. Dari awal, pemerintah menerapkan langkah-langkah keras terhadap lawan-lawan politiknya..

Melalui Operasi Jakarta, presiden AS, Richard Nixon menggunakan CIA untuk membantu junta militer Chili dalam mengkudeta Presiden Salvador Allende dan menaikan Wakil Panglima Angkatan Bersenjata Chile, Augusto Pinochet Agurte. Sejak 1974-1990, tidak kurang dari 2025 kasus pelanggaran HAM dilakukan oleh rezim Pinochet melalui dinas rahasianya DINA (semacam Kopkamtib-nya Chile) telah terjadi. 1068 berupa kasus pembunuhan dan 957 kasus orang hilang.

Menurut berbagai laporan dan investigasi 1,200-3,200 orang tewas, 80.000 orang diasingkan, dan sampai 30.000 disiksa oleh rezim-nya. Profesor Clive Foss, dalam The tiran.: 2500 tahun Absolute Power dan Korupsi (Quercus Publishing 2006 ), memperkirakan bahwa 1.500 Chili terbunuh atau hilang selama rezim Pinochet. 200,000 orang lain pergi ke pengasingan, terutama ke Argentina dan Peru, dan diterapkan untuk suaka politik atau menerima pelatihan lebih lanjut di kamp gerilya di Kuba, Jerman Timur dan di tempat lain; Namun, beberapa individu kunci dalam pengasingan mereka diikuti oleh rahasia DINA polisi, dalam rangka Operasi Burung Kondor, yang menghubungkan militer Amerika Selatan bersama pemerintah terhadap lawan-lawan politik.

Kudeta yang dilakukan Pinochet terhadap Allende, bila dicermati amat mirip dengan yang diduga dilakukan Soeharto terhadap Soekarno yaitu setidaknya antara lain pada :

1. Beredarnya dokumen yang meresahkan tentang perencanaan pembunuhan beberapa jenderal dan komandan-komandan militer. Hal itu selain terjadi di Chile (dokumen rencana ‘Z’) juga Indonesia (Beredarnya daftar pejabat AD yang akan dibunuh dikalangan tokoh-tokoh buruh, politisi dan elit militer Chili).

2. Disebarnya isu yang menimbulkan keresahan dan ketidakstabilan poltitik dalam negeri. Di Chile masyarakat terutama serikat buruh militan dan jenderal-jenderal konservatif mendapat kiriman kartu-kartu kecil di mana tercetak kata-kata “Jakarta Se Acerca” (Jakarta Sudah Mendekat). Diduga sangat kuat kedua kudeta tersebut sama-sama di dukung CIA.

Presiden Pinochet diberi kerangka hukum melalui plebisit yang sangat kontroversial pada tahun 1980, yang menyetujui sebuah konstitusi baru yang disusun oleh sebuah komisi yang ditunjuk pemerintah. Sebuah plebisit pada tahun 1988 (yang melihat suara 56% terhadap melanjutkan kepresidenannya) menyebabkan pemilihan demokratis untuk Kepresidenan dan Parlemen. Setelah damai mengundurkan diri pada tahun 1990, Pinochet lanjutan untuk melayani sebagai Panglima Tertinggi Angkatan Darat Chili hingga 10 Maret 1998, ketika ia pensiun dan menjadi senator-untuk-hidup sesuai dengan Konstitusi 1980.

Pemerintah baru juga menerapkan reformasi ekonomi, termasuk privatisasi industri beberapa negara dikendalikan dan rollback lembaga kesejahteraan banyak negara. Kebijakan-kebijakan ini dihasilkan apa yang telah disebut sebagai keajaiban “Chili”, tapi kebijakan pemerintah meningkat secara dramatis kesenjangan ekonomi dan beberapa atribut efek buruk dari krisis moneter 1982 dalam ekonomi Chili tepat untuk kebijakan ini. kebijakan ekonomi Pinochet dilanjutkan dan diperkuat oleh pemerintah berturut-turut setelah tahun 1990.

Pinochet adalah seorang tokoh sangat polarisasi di rumah dan di luar negeri. kebijakan-Nya yang keras ditentang oleh kaum kiri dan moderat banyak yang menyerang pelanggaran hak asasi manusia itu dan menyatakan bahwa ia disukai kepentingan elit, sedangkan banyak orang kanan melihatnya sebagai benteng melawan Marxisme dan kekacauan dan percaya bahwa ia memimpin Chili menjadi salah satu yang paling makmur dan negara-negara maju di Amerika Latin.

Pada tahun 2004, Chili Juan Guzmán Hakim memutuskan bahwa Pinochet adalah medis cocok untuk diadili dan menempatkannya di bawah tahanan rumah. Pada saat kematiannya di 10 Desember 2006, sekitar 300 tuduhan pidana masih tertunda melawan dia di Chili selama. Berbagai pelanggaran hak asasi manusia, penghindaran pajak dan penggelapan di bawah pemerintahannya dan setelahnya. Pinochet dituduh telah busuk mengumpulkan kekayaan sebesar US $ 28 juta atau lebih, sementara penguasa Chile.

Pada 1990 ia kehilangan kekuasaan, namun ia menjadikan dirinya senator seumur hidup, untuk mencegah agar ia tak ditangkap. Ia dipaksa meninggalkan kedudukan senator pada 2002, namun sekali lagi ia tak ditangkap, saat itu dikatakan ia menderita dementia. Pada Mei 2004 hakim berkata itu tidak benar. Pada 13 Desember ia ditempatkan dalam tahanan rumah. Ia meninggal dunia pada 10 Desember 2006 seminggu setelah terkena serangan jantung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: