Bayu Yudha Prasetya

Beranda » Makanan » Kopi Vietnam Yang Sesungguhnya

Kopi Vietnam Yang Sesungguhnya

 

Semakin banyak para pecinta kopi yang sudah mengetahui tentang kopi Vietnam, single-cup filter-nya yang tunggal dan kecil menghasilkan kopi yang kaya rasa, secangkir kopi hitam. Style kopi Vietnam dapat dilihat pada perlakuan terhadap minuman dan cara menikmatinya sebagai sebuah even, bukan sekedar komoditas yang dibeli di toko siap saji dalam perjalanan menuju tempat kerja. Tetapi banyak orang yang berpikir bahwa mereka kerap menikmati kopi tradisional Vietnam akan terkejut ketika mengetahui bahwa mereka sesungguhnya meminum biji kopi yang berasal dari negara-negara di Amerika Selatan, yang kemudian di roasting di perusahaan U.S.A oleh rantai pemasaran yang dimiliki orang Eropa!

Di Vietnam, orang-orang benar-benar meminum kopi Vietnam. Kebanyakan meminum produk Trung Nguyen (dilafalkan “chun-win”), yang tumbuh di dataran tinggi Buon Me Thuot (dilafalkan “bon-meh-toe”) dan dikemas di Ho Chi Minh City, di lebih dari seribu kedai kopi seantero Vietnam dan juga Asia Tenggara.
Style peracikan kopi Vietnam yang menggunakan kopi yang benar-benar tumbuh di Vietnam, yang sekarang ini telah populer di lebih dari selusin negara terutama di Asia Tenggara, Australia dan Eropa.

French Market dan Cafe du Monde yang dipasarkan di U.S.A merupakan merek-merek kopi yang sering kali diduga sebagai kopi tradisional Vietnam, namun sebenarnya kopi ini tidak diproduksi di Vietnam. Memang, banyak restoran dan orang Vietnam-Amerika menggunakan kopi ini untuk menyajikan kogi style Vietnam, dan sebagai hasilnya, banyak konsumen berpikir bahwa merek-merek ini juga merupakan bagian dari tradisi Vietnam.
Mengapa? Alasan sederhana: ketika para imigran Vietnam datang ke Amerika Serikat, mereka tidak bisa menemukan kopi Trung Nguyen di sana. U.S.A tidak mengimpor produk-produk itu dari Vietnam, dan menjadi sulit untuk mendapat kopi asli Vietnam. Sehingga mereka mencari kopi lain yang sesuai untuk menyajikan secangkir kopi Vietnam yang diseduh di singel-cup, dan mereka memilih kopi French Market.
Café du Monde sebagai satu contoh, merupakan kopi kuat yang diproduksi untuk penyeduhan menggunakan French press hasil dari teknik pengilingan kasar, sesuai untuk penyeduhan tradisional ala Vietnam.

Apa yang menjadi cirikhas kopi Vietnam adalah sejarah penanaman yang dimulai sejak masa lampau, dari separuh akhir abad ke-19. Dewasa ini kopi Vietnam terdiri dari banyak variasi kopi, tidak hanya kopi arabika yang mendapat pujian tinggi di kawasan dunia Barat. Trung Nguyen dan produsen-produsen lain di negeri ini me-mixing kopi arabika, robusta, chari dan catimor. Chari sendiri adalah nama lain untuk Excelsa.

Roasting di Asia Tenggara juga merupakan proses roasting yang unik, termasuk karena pemakaian minyak mentega dan teknik khusus dalam membalik biji selama proses roasting. Trung Nguyen sebagai sebuah perusahaan perkebunan mendirikan perusahaan roasting pada beberapa dekade silam.
Pada tahun 1990an perusahaan ini konsen dan merespon persediaan kopi yang melimpah dan isu-isu lain mengenai proses produksi kopi Vietnam dengan jalan meminta pemerintah untuk bekerja-sama dalam menjalankan lagi standar-standar mutu untuk mengembalikan kopi Vietnam ke “era keemasan” seperti di separuh pertama abad ke-20. Standar-standar ini awalnya dibuat oleh Prancis di era kolonial dan terus dijalankan sampai mereka terganggu oleh karena peperangan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: