Bayu Yudha Prasetya

Beranda » Pengetahuan Umum » Rencana MBDC Kalo Punya Budget Web DPR

Rencana MBDC Kalo Punya Budget Web DPR

Menurut Roy, berdasarkan DIPA Setjen DPR 2010, biaya pemeliharaan jaringan sistem informasi website resmi DPR yakni www.dpr.go.id pada 2010 berkisar Rp 9,75 miliar yang terdiri dari biaya pembayaran provider website senilai Rp 8,4 miliar per tahun dan biaya pemeliharaan situs www.dpr.go.id senilai Rp 1,3 miliar.

*glek* telen ludah….

Berita mengenai hebohnya biaya pembuatan website DPR lumayan menarik perhatian orang banyak belakangan ini, terutama MBDC. Semua langsung protes macem-macem mengenai harganya, ada yang bilang sini gue kerjain aja, dll.

Btw, udah pada liat websitenya belum? Liat deh dpr.go.id dan berikan komentarmu. Kalau komentar MBDC?

Beberapa revisi dari MBDC:

  1. Tulisan berita ‘terkini’ nya harusnya lebih didesign lagi, dikasih shadow atau apalah, jangan terlalu polos seperti title koran.
  2. Menu EMAIL DPR kayaknya harus diilangin deh, secara kayaknya itu feature yang paling gak berguna buat user.
  3. Penunjuk waktu dan tanggal dll diilangin aja. Maksudnya, ya ngapain website pake penunjuk waktu segala? Bahkan website merk jam pun gak mencantumkan penunjuk waktu bukan? Do’ooh…

Belum lagi bagian menunya yang menurut kami sungguh kebanyakan banget gak sih tuh? Padahal bisa lebih dikelompokkan lagi sehingga tidak terlihat semrawut dan membingungkan. Dari segi warna dan design pun terlalu ngeblok dan kurang shadow. Hal tersebut membuat web terlihat kurang anggun dan berwibawa. Yeaah..mungkin memang itu impresi yang didapat dari webdesignernya ketika bertemu dengan sang client.

Udahlah, gak perlu dibahas lebih banyak lagi..yang sekarang perlu dibahas adalah: Dengan duit sebanyak itu sebenarnya bisa ngapain aja sih dalam hal pembuatan website??

Inilah rencana MBDC kalau punya budget web gedung DPR senilai 9 Milliar.

1. Set Up Geek Team for 1 year: 2 M

Paling pertama adalah set up geek team untuk handle seluruh proses pembuatan website dari 0 sampai jadi dan sampai maintenancenya.

Team ini bisa terdiri dari:

  1. 2 developer
  2. 1 designer
  3. 1 webmaster admin
  4. 1 server admin

Team ini akan bekerja full selama masa kontrak website tersebut. Misalnya 1 tahun. Intinya DPR tinggal terima bersih websitenya jadi dan jalan.

2. Set Up Social Media Expert Team 1 year: 1 M

Yang MBDC maksud disini adalah social media expert beneran, bukan orang yang tiap hari main Twitter dan follow atau difollow banyak orang, dan rajin juga memberikan kultwit. Sekali lagi bukan itu yang MBDC maksud!

Social Media Team disini maksudnya mereka akan ngurusin masalah online identity tiap anggota DPR yang dibentuk ke dalam facebook profile page.

Setiap anggota akan dibuatkan Facebook profile page untuk bisa berinteraksi dengan masyarakat luas, mengingat Facebook sangat mudah digunakan bahkan oleh ABG dan anggota DPR yang tidak mengerti email sekalipun.

Jadi untuk masalah kalo ditanya email resmi dll sudah solved yah.

Juga dengan tingginya angka orang yang membuka Facebook di saat kerja, bisa lebih mempermudah rakyat untuk beraspirasi ke wakilnya.

Juga dibentuk sebuah Facebook Page dan Group DPR RI. Setiap anggota DPR harus menjadi fans/anggota dari page/group tersebut.

Tim ini akan memonitori setiap perkembangan yang terjadi dengan anggota di mata masyarakat luas melalui jejaring sosial. Jadi untuk urusan pencitraan di website sendiri bisa diantisipasi.

Tim ini juga akan menghandle urusan Twitter resmi DPR RI, untuk jawab2in seluruh mention-mention yang masuk, biar jangan si @MA_DPR lagi yang jawab. Bisa berabe urusannya.

3. Beli Premium WordPress Theme : 500 ribu.

Yang paling penting adalah beli premium WordPress Theme, bisa cari di themeforest.com atau woothemes.com. Cari yang model-model magazine themes.

WP Theme ini harganya cari yang sekitaran 50 US$ aja. Yang model2 magazine cukup karena isinya website DPR kebanyakan artikel-artikel statis. Untuk urusan foto-foto pasang plug in gallerynya sekalian yang paling mantep.

Edit-edit dikit dari segi warna dan imagesnya. Pasang logo DPR, dan gambar2 header yang berkaitan.

Geek Team ini akan menyulap semuanya ini menjadi sebuah website keren.

4. Beli Premium Flash Video Player: 500 ribu.

Cari flash video player yang keren dan gak norak/kampungan. Yang rapih dan ada gallerynya juga yang bisa disusun menurut kategori. Lalu taruh materi video di hosting yang kenceng dan bisa streaming.

5. Sewa Cloud Hosting: 108 juta/tahun

Pake hostingan cloud biar lebih asik dan flexibel buat disetup sesuai kebutuhan *iklan banget*

6. Beli Lamborghini Gallardo: 3 M

Supaya bisa ngebut dari Cibubur untuk meeting revisi web ke Senayan lewat tol Jagorawi.

7. Berlibur ke Kepulauan Karibik: 100 juta/pax

Paket liburan 5 orang ini sangat perlu, karena ketika bekerja mendevelop ini, kadang-kadang kepala sering kusut dengan revisi-revisi dan permintaan client yang tidak masuk akal. Apalagi kalo client yang kita hadapi adalah orang-orang dari Senayan itu.

Liburan ini tentunya sudah termasuk : hotel bintang lima, booze setiap hari nonstop dan Yacht. Serta pastinya ada ongkos untuk ‘entertainment’ juga.

8. Masukin Deposito: 1 M

Nah, sisa 2M nya ini enakan dimasukin ke deposito bank. Jadi dalam setahun, setiap bulannya duit kamu akan nambah 8 jutaan. Lumayan buat maintenance Lamborghini, bensin, service, tambahan uang buat beli oleh-oleh ketika liburan, dll.

Kira-kira itu sih yang akan MBDC lakukan apabila diorder buat bikin web DPR seharga 9 milyar lebih. Bisa juga ide lain misalnya untuk setup company kecil dll, sehingga uang tersebut akan balik lagi dalam 3 tahun, dan lain sebagainya.

Kalau ide dari kamu seperti apa?

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: