Bayu Yudha Prasetya

Beranda » Uncategorized » Tips:Membedakan Ular Berbisa atau Tidak

Tips:Membedakan Ular Berbisa atau Tidak

ssalamualaikum wr.wb

ular berbisa,venomous snake,undeadly snake

Bicara Mengenai Ular,tentu kita akan Tentu Kita Akan jadi ingat Ular berbisa lagunya HELLO wkwkk . Maksudnya Berfikir Ular adalah sejenis Hewan melata, berdarah panas (poilikiometrik), badannya Panjang dan bersisik,dapat ditemukan di seluruh Dunia (kecuali Kutub) serta sangat ditakuti Bisanya. Nah untuk urusan yang terakhir Ini,Tentu Asumsi umumnya menyangka bahwa setiap Ular itu berbisa.Padahal yang sebenarnya tidak semua jenis Ular mengandung Bisa/racun.


Sebetulnya semua Ular itu mengandung racun/Bisa tetapi dari segi sifat racunnya yang Bisa membunuh /berbahaya atau tidak,jenis Ular itu dibedakan menjadi ular berbisa rendah dengan Ular berBisa tinggi(kalau orang awam sih tetap menyebut ular berbisa rendah dengan sebutan tidak berBisa karena tidak berakibat fatal). Kenapa dikatakan demikian?. karena ular adalah hewan pemakan daging/karnivora,jadi meskipun dia tidak berbahaya,dia tetap memakan daging yang pastinya mengandung bakteri didalam mulutnya untuk mempercepat pencernaan makanannya. Dan juga rata-rata Ular itu rata-rata malas Gosok gigi wkwkwkw
 
Jika kita mengamati dengan teliti, ada beberapa hal yang dapat membedakan ular yang berbisa tinggi dan berbisa rendah. Beberapa ciri dibawah adalah petunjuk umum yang Bisa digunakan, meskipun belum secara tepat menunjukkan tingkatan Bisa ular.
A.Ciri-ciri Ular Berbisa Rendah (disebut banyak orang tidak berBisa sih)
  • Gerakannya cepat, takut pada musuh, agresif 
  • Beraktifitas pada siang hari (diurnal)
  • Membunuh mangsanya dengan membelit
  • Bentuk kepalanya bulat telur (oval),pupil mata juga bulat
  • Tidak memiliki taringBisa
  • Gigitannya tidak mematikan 
  • Setelah menggigit langsung lari
  • Mempunyai sisik ekor terbagi dibagian bawah

ular berbisa,venomous snake,undeadly snake
 
B.Ciri-ciri Ular berBisa Tinggi (ilmunya udah tinggi kali ya sob?)
  • Gerakannya lambat, tenang, penuh percaya diri (elegan gan) 
  • Beraktifitas pada malam hari (nocturnal)
  • Membunuh mangsanya dengan menyuntikkan Bisa
  • Bentuk kepalanya cenderung segitiga sempurna
    (semakin sempurna semakin ber
    Bisa),matanya lonjong
  • Memiliki taring Bisa, racun mematikan
  • Kanibal/suka makan sesama (bukan suka ama sesama ya) 
  • Setelah menggigit, masih tinggal ditempat 
  • sisik dibawah ekor tidak terbagi dua
Pengecualian !
Ada beberapa ciri diatas yang berlawanan dengan sifat asli berbagai jenis ular berikut Ini
  • Ular Kobra (Naja naja sputratix)- berBisa tinggi, tetapi kepala oval, gerakan tenang
  • Ular King Kobra(Ophiophagus hannah )-kepala oval, agresif, siang dan malam tapi berBisatinggi
  • Ular weling (Bungarus candidus)- kepala oval, berBisa tinggi
  • Ular welang (Bungarus fasciatus)- kepala oval, gerakan tenang, berBisa tinggi
  • Ular picung/pudak seruni – berBisa tinggi, kepala oval tapi gerakannya gesit, keluar siang hari.
  • Semua jenis ular laut, berBisa, gerakan lamban di pasir/pantai
  • Semua jenis ular phyton dan ular boa, tidak berBisa, cari makan malam hari.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: