Bayu Yudha Prasetya

Beranda » Uncategorized » Gelato, Ice Cream atau Sorbet?

Gelato, Ice Cream atau Sorbet?

ice cream 3

Bagi orang awam, Gelato, Ice Cream dan Sorbet itu sama. Memang, jika dilihat sekilas, bentuk dan teksturnya mirip alias hampir sama, tapi jika dicicipi, rasa dan materialnya berbeda. Ini dia perbedaan dari Gelato, Ice Cream dan Sorbet.

image : www.sxc.hu

Gelato
Gelato berasal dari bahasa italia congelati yang artinya beku, tapi banyak yang beranggapan bahwa Gelato ini berasal dari kata gelatin (lemak), Gelato dibuat dari susu, bukan krim, air, gula dan buah-buahan segar. Ketika dikocok, susu tidak mengembang seperti halnya krim. Alat pengocoknya pun berputar lebih lambat, sehingga lebih sedikit gelembung udara yang terbentuk. Perbedaan bahan itu mempengaruhi hasil akhirnya.
Gelato merupakan es krim buatan rumahan khas dari italia, karena dia tidak bisa tahan lama, mungkin bisa dibilang hanya kisaran hari, dan tidak seperti es krim yang bisa tahan hingga berbulan-bulan. So, gelato harus disajikan segar. Gelato biasanya mempunyai tekstur lebih padat dan mulus dibandingkan dengan es krim biasa, maka dari itu terasa sangat mengenyangkan. Oh iya satu lagi, gelato mempunyai kandungan lemak lebih sedikit dibandingkan dengan es krim, berkisar antara 7 – 8 persen saja. Gelato berkualitas tinggi kandungan lemaknya hanya 1-3 persen saja.

Jadi jangan kuatir takut gemuk karena makan gelato. Kandungan kalori dalam satu cup Gelato setara dengan satu buah pisang atau segelas besar susu. Gelato juga tidak terasa tajam di lidah. Karena suhu dalam masa pendinginanya tidak serendah es krim, rata-rata hanya berkisar minus 10-15 derajat celcius saja.

 

image : www.sxc.hu

Es krim
Es krim dibuat dari krim atau kepala susu – bukan susu murni, bukan susu bubuk, bukan condensed milk. Selain krim, bahan utamanya adalah telur dan buah atau cita rasa lain. Bahan-bahan itu dikocok sampai mengembang. Artinya, dimasukkan udara atau angin ke dalamnya. Jadi, setiap liter bahan es krim yang siap dibekukan itu setengahnya adalah gelembung udara atau angin. Es krim berkualitas premium mengandung lebih sedikit gelembung udara. Inilah yang membedakan es krim dan gelato, karena di dalam gelato gelembung udaranya lebih sedikit. Es krim yang kita kenal biasanya terasa lebih menusuk di lidah, ini karena proses pendinginannya jauh lebih rendah dari pada gelato yaitu 18-20 derajat celcius. Ini dia yang membuat es krim lebih cepat mencair daripada gelato. Kadar lemak es krim juga jauh lebih tinggi daripada gelato, antara 13-17 persen.
Es krim bisa tahan lebih lama daripada gelato, sebab, biasanya es krim di produksi masal oleh pabrik-pabrik berskala besar. Sebagai perbandingan, misalnya es krim rasa Hazelnut atau Tiramizu jauh lebih rendah daripada gelato. Es krim biasa mengandung lemak lebih dari 10 persen, karena mengandung susu, kuning telur, dan krim yang mengandung bahan pengawet. Jadi kalo es krim meleleh akan tampak seperti whipped cream..

image : en.wikipedia.org

Sorbet
Sorbet/Sorbetto adalah sejenis Gelato yang dibuat tanpa susu maupun krim. Sorbet dibuat hanya dari buah dan air. Sorbetto Italia biasanya lebih smooth dibanding sorbet biasa, karena lebih banyak kandungan buahnya dan sedikit air, sehingga kristal air yang beku tidak terasa tajam di lidah. Sorbet terkenal karena rasa buah yang dihasilkan lebih terasa di lidah daripada gelato dan es krim. Kalau mau dibuat gampangnya, sorbet ini sebenarnya gelato tapi tanpa susu maupun krim, dan lebih menonjolkan rasa dari buah-buahan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: